UNJUK RASA BURUH MENOLAK SKB 4 MENTERI.

Posted: November 14, 2008 in Artikel Umum
Tag:, , , , ,


dsc06133

Gedung Sate memerah. Itu yang terjadi pada hari Rabu, 12 November 2008 sejak pagi hari. Ratusan massa Aliansi Kelas Pekerja berunjuk rasa menolak kebijakan SKB 4 menteri yang dianggap merugikan kaum buruh di depan Gedung Sate, Bandung.

Ratusan massa Aliansi Kelas Pekerja yang merupakan gabungan dari beberapa organisasi buruh, berunjuk rasa untuk menentang SKB 4 menteri yang dianggap merugikan mereka. Unjuk rasa ini dinahkodai pula oleh sejumlah mahasiswa yang pro terhadap kaum buruh. Setelah long march di sekitaran Dago, rombongan pengunjuk rasa kemudian tiba di pelataran Gedung Sate dan memulai berorasi. Tak pelak puluhan aparat telah menunggu di depan pagar Gedung Sate.

Unjuk rasa ini didasari oleh kebijakan 4 menteri yang menurut kaum buruh sangat merugikan mereka. Menurut Aliansi Kelas Pekerja, kebijakan SKB 4 menteri yang berdalih menyelamatkan perekonomian negara dari krisis global hanya topeng untuk menyelamatkan harta-harta pengusaha-pengusaha dari krisis global. Pemerintah melalui kebijakan ini memberikan keleluasaan pada perusahaan untuk membayar upah pekerja tanpa adanya standar gaji yang minimum yang ditentukan.

Dengan adanya keputusan tersebut, maka semakin banyak kaum buruh uang hidup di bawah tingkat kesejahteraan. Sehingga dalam unjuk rasa ini, Aliansi Kelas Pekerja menuntut beberapa hal untuk menjaga kelayakan hidup kaum buruh. Tuntutan tersebut di antara lain, membatalkan kebijakan SKB 4 menteri, memberikan upah sesuai KHL 100% dan mencabut sistem kontrak kerja yang sekarang masih berlaku.(KR/497/Panjie Negrou si Bodoh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s