Kelas Gabungan UIN SGD Seperti Pasar

Posted: November 25, 2008 in Konsep
Tag:,

Seperti pasar. Ini yang terjadi ketika perkuliahan Sistem Ilmu Politik semester 3 pada tanggal 21 November 2008. Awal mulanya perkuliahan berjalan seperti biasa-biasa saja. Membahas tentang PEMILU. Menurut jadwal, hari itu hanya kelas Jurnalistik A dan C yang mengikuti jadwal kuliah Sispolin. Namun karena kelas Jurnalistik B yang semestinya kuliah pada hari selasa, digabungkan pula di hari itu. Sehingga dapat dibayangkan kelas yang berukuran kurang lebih 20 meter kali 15 meter penuh sesak hingga dosen pun hanya mendapatkan jatah tempat yang minim.

Seorang demi seorang masuk ke dalam kelas. Ditambah pula beberapa mahasiswa tingkat atas yang ikut masuk ke dalam kelas Sispolin karena mengulang. Sekitar kurang lebih 90 orang dijejal dalam satu kelas. Suasana tidak kondusif, dicampur aroma badan yan beraneka ragam dari parfum merek mahal sampai bau bawang tercium menyengat di dalam kelas. Sungguh kacau suasana kelas saat itu. Ditambah lagi ada mahasiswi tingkat atas yang membawa anaknya yang masih balita ke dalam kelas. Prilaku anak itu yang mondar-mandir yang tidak karuan ikut mengganggu jalannya perkuliahan. Sungguh ironi jika terus terjadi seperti ini. Bukannya UIN merupakan salah satu instansi pendidikan yang harus kita hargai keberadaannya?

Apa yang ada dibenak si dosen yang menggabungkan tiga kelas secara bersamaan, dan menerima mahasiswi yang membawa anaknya ke dalam kelas? Sungguh tidak tertanam jiwa efektifitas dalam diri si dosen. Si dosen hanya ingin efisiensi waktu dengan menggabung tiga kelas. Sehingga dia hanya mengajar satu hari di jurusan Jurnalistik. Mendapatkan gaji tiga kelas dengan hanya mengajar dari sistem penggabungan kelas menjadi satu kelas. Dengan memberi izin mahasiswi membawa anak, terkesan kelas itu menjadi playgroup. Ini sebuah kemunduran dalam kinerja kependidikan. Terlihat jelas mengapa UIN tidak dapat berkembang. Salah satunya sikap dosen yang kurang tepat dalam menjalankan amanatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s